Selasa, 21 April 2009

HIV and AIDS....???? Syerrreeemmmm...........

Virus HIV termasuk virus pembunuh yang hingga kini belum ada obatnya. Virus ini masuk ke dalam tubuh melalui kontak tubuh secara langsung antara tubuh penderita AIDS dengan tubuh penderita, sebab virus ini dapat berada dimana-mana, seperti pada jaringan darah, jaringan getah bening, air liur, air seni, air mata, keringat, atau cairan lain dari tubuh penderita AIDS. Virus HIV hidup dengan baik dalam jaringan mukus dan bagian bawah kulit. Jaringan mukus yaitu jaringan yang berada pad alapisan kulit halus seperti bagian dalam mulut dan vagina.
Setelah virus HIV masuk ke dalam tubuh, mereka akan menyerang sel darah putih T4, yaitu sel “panglima” untuk sistem pertahanan tubuh. Di dalam sel ini virus HIV akan memperbanyak diri sambil terbawa aliran darah yang kemudian sampai di kelenjar getah bening. Limpa dan sumsum tulang belakang. Dalam organ-organ ini, virus HIV akan bersembunyi, mengendap dan memperbanyak diri selama delapan tahun sehingga organ tersebut hancur.
Ketika organ ini hancur barulah si penderita merasakan rasa sakit yang dahsyat karena sistem pertahanan tubuhnya menurun drastis. Si penderita harus di bawa ke Rumah Sakit dan dirawat dalam ruang khusus yang teridolir. Dan karena obat yangtepat belum ditemukan, penderita hanya menunggu ajal yang bakal tiba.
Karna itu mereka yang beresiko tinggi terinfeksi HIV adalah:
- Wanita dan pria yang berganti-ganti pasangan seks, para pekerja seks bebas, dan langganannya dan mereka yang melakukan hubugan seks tidak wajar (melalui dubur dan mulut)
- Para pengguna narkoba yang memakai alat suntik secara bergantian
- Bayi yang dikandung, dilahirkan dan disusui oleh ibu yang tertular HIV
- Transfusi darah dan transplantasi organ tubuh yang tidak diskrining, akupungtur, ditindik, ditato, dengan alat yang tercemar HIV
Di luar tubuh manusia HIV sangat cepat mati. HIV mudah mati oleh air panas, sabun, dan bahan pencuci hama lain. Karena itu HIV tidak dapat menular lewat udara seperi virus lain, misalnya influenza. HIV juga dpaat ditemukan dalam jumlah yang sangat kecil dalam air mata, air liur, cairan otak, keringat, dan air susu ibu. HIV juga tidak menembus kulit utuh, yaitu kulit yang tidak lecet atau luka.
Karena itu hal-hal yang tidak menularkan HIV adalah sebagai berikut:
- Bersenggolan atau berjabatan tangan dengan pengidap HIV
- Bersentuhan dengan pakaian / barang lain bekas penderita HIV
- Penderita AIDS bersin atau batuk-batuk di depan kita
- Mencium pipi dan dahi
- Berenang di kolam renang atau menggunakan WC yang sama

1 komentar:

  1. salam kenal mba Dian,
    Saya minta alamat email mba Dian downk, pengen nanya2 tentang kursus di Pare?thanks ya.Oh ya, nama saya entien, neh alamat email saya sankiti12@gmail.com
    thnaks
    entien

    BalasHapus